Banyak Kabel Udara Tidak Miliki Izin Dan Tidak Melapor ke APJII Jambi, Kadis PUTR Batanghari Tebar Hoax, Terkait Soal Pembangunan Jalan Kabupaten Di Mersam Seorang Anak Laki-Laki Yang Tenggelam Di Sungai Batanghari Semalam Sudah Di Temukan Baru Setahun Di Bangun, Plafon Gedung Puskesmas Luncuk Runtuh Bikin Heboh…!!! Mobil Pejabat Batanghari, Berplat Merah Diduga Isi Minyak Subsidi

Home / Hukrim

Sabtu, 25 Maret 2023 - 19:02 WIB

Ketua DPC Peradi Jambi Ucapkan Terima Kasih Otto Hasibuan

JURNALISHUKUM.COM, JAMBI – Ketua Dewan Perwakilan Cabang (DPC) Perhimpunan Advokat Indonesia (Peradi) Jambi, Sahlan Samosir ,S.H., MH menyambut baik akan kepercayaan masyarakat terhadap Peradi dibawah pimpinan Otto Hasibuan. Bahkan, dia juga mengucapkan terima kasih kepada Otto Hasibuan.

” Terima kasih semua, semoga Peradi dibawah pimpinan Otto Hasibuan semakin dipercaya oleh masyarakat luas dan para pemangku kepentingan terutama di provinsi Jambi,” katanya melalui group pengurus DPC Peradi Jambi.

Menurut Sahlan Samosir juga merupakan Ketua di DPC Peradi Jambi, bahwa dia juga mohon doa dan dukungan rekan di DPC Peradi Jambi tetap solid di dalam mengharumkan nama Peradi.

“Kepada rekan semua agar nama DPC Peradi Jambi semakin di percaya dan hanya satu-satunya organisasi Advokat (OA) yang sesuai dengan UU Advokat,” ujarnya.

Perlu untuk kita ketahui, bahwa dari putusan Mahkamah Agung (MA) atas keberadaan Perhimpunan Advokat Indonesia (Peradi) kubu Prof. Dr. Otto Hasibuan sudah berkekuatan hukum tetap. Jadi, secara de facto dan de jure, kepengurusan organisasi advokat tersebut secara hukum sudah sah daripada Peradi lainnya.

Pada kasusnya sendiri berawal ketika Peradi Otto Hasibuan menggugat Kemenkumham soal Surat Keputusan Menteri Hukum dan Hak Asasi Manusia RI No. AHU-0000859.AH.01.08.Tahun 2022 tanggal 26 April 2022 tentang Persetujuan Perubahan Perkumpulan Perhimpunan Advokat Indonesia; dan Surat Keputusan Menteri Hukum dan Hak Asasi Manusia RI No. AHU-0000883.AH.01.08.Tahun 2022 tanggal 28 April 2022 tentang Persetujuan Perubahan Perkumpulan Perhimpunan Advokat Indonesia.

Menyatakan batal Surat Keputusan Tergugat, yakni: 1) Surat Keputusan Menteri Hukum dan Hak Asasi Manusia RI No. AHU-0000859.AH.01.08. Tahun 2022 tanggal 26 April 2022 tentang Persetujuan Perubahan Perkumpulan Perhimpunan Advokat Indonesia; 2) Surat Keputusan Menteri Hukum dan Hak Asasi Manusia RI No. AHU-0000883.AH.01.08.Tahun 2022 tanggal 28 April 2022 tentang Persetujuan Perubahan Perkumpulan Perhimpunan Advokat Indonesia;3. Mewajibkan kepada tergugat mencabut Surat Keputusan Tergugat.

BACA JUGA  Nah..!!! Oknum Anggota Ditresnarkoba Polda Jambi Aniaya Seorang Perempuan, Diduga Dihajar Pakai Sendal

Seperti diketahui, sengketa kepengurusan Peradi sendiri telah diputus MA melalui Putusan No. 3085 K/Pdt/2021, dan amarnya menyatakan keabsahan Fauzi Hasibuan dan Thomas E. Tampubolon sebagai Ketua Umum dan Sekretaris Jenderal DPN PERADI periode 2015-2020.

Berkaitan dengan perkara tersebut, kepengurusan Peradi kubu Luhut Pangaribuan masuk sebagai pihak tergugat II Intervensi. Sementara kepengurusan Peradi kubu Juniver Girsang selaku penggugat intervensi.

Munculnya gugatan berawal ketika Peradi kubu Otto Hasibuan hendak mendaftarkan kepengurusannya di Kemenkumham setelah terbitnya putusan MA. Tetapi tidak bisa ditangkap, mengingat telah terdaftar lebih dulu Peradi kubu Luhut Pangaribuan.

Itu sebabnya, guna terwujudnya kepastian hukum, kubu Peradi Otto Hasibuan mengajukan gugatan pembatalan Surat Keputusan Menkumham atas keberadaan Peradi kubu Luhut Pangaribuan ke PTUN Jakarta.

Sementara itu, Prof. Dr. Otto Hasibuan selaku Ketua Umum Peradi mengingatkan kepada para pihak yang berperkara agar melindungi putusan pengadilan, khususnya putusan MA yang sudah berkekuatan hukum tetap. Dengan demikian, seharusnya sudah tidak ada lagi tindakan hukum yang berhubungan dengan Peradi yang dipimpinnya.

Jurnalis Hukum : Heriyanto S.H.,C.L.A

Print Friendly, PDF & Email

Share :

Baca Juga

Hukrim

Lagi, Kejaksaan Negeri Tebo Selesaikan Perkara Restoratif Justice

Hukrim

Nah…!!! Saksi Kasus Ketok Palu Zumi Zola Gantung Diri

Hukrim

Nah..!!! Kepergok Mencuri Sawit di Mersam Batanghari, Pelaku Bacok Pemilik Kebun

Hukrim

Dugaan Kasus Mafia Tanah Dan Pemalsuan Sporadik Di Laporkan Ke Polda Jambi

Hukrim

Ini Babak Baru Ayah Tiri Perkosa Bocah Leukemia Usai Dilimpahkan ke Kejaksaan

Hukrim

Sejumlah Remaja di Batanghari Diamankan Petugas Keamanan

Hukrim

Nah..!!! Ada Penemuan Mayat Seorang Laki-Laki Di Kecamatan Pemayung Batanghari

Hukrim

LSM Tumpas Laporkan Dugaan Mafia Tanah Ke Kejati Jambi
error: Content is protected !!