Kadis PUTR Batanghari Tebar Hoax, Terkait Soal Pembangunan Jalan Kabupaten Di Mersam Seorang Anak Laki-Laki Yang Tenggelam Di Sungai Batanghari Semalam Sudah Di Temukan Baru Setahun Di Bangun, Plafon Gedung Puskesmas Luncuk Runtuh Bikin Heboh…!!! Mobil Pejabat Batanghari, Berplat Merah Diduga Isi Minyak Subsidi Nah..!!! Sopir Mobil Grand Max Hangus Terbakar di Jalan Lintas Bongo Jambi

Home / Sumatera Utara

Senin, 29 Januari 2024 - 22:30 WIB

Apel Gabungan Pemerintah Kabupaten Nagan Raya Di Halaman Kantor Bupati

JURNALISHUKUM.COM, NAGANRAYA – Apel gabungan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Nagan Raya yang berlangsung di Halaman Kantor Bupati Kompleks Perkantoran Suka Makmue pada hari Senin (29/1/2024) dipimpin oleh Kepala Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil), Mahlil, S.E., M.Si.

Dalam apel yang dihadiri oleh para Asisten Sekda, Staf Ahli Bupati, Kepala SKPK, ASN dan THL dalam lingkup kabupaten setempat itu, Mahlil memaparkan secara ringkas tugas pokok dan fungsi (tupoksi) Disdukcapil.

Menurut Mahlil, Disdukcapil memiliki tugas melaksanakan urusan pemerintahan dan pembangunan di bidang kependudukan dan pencatatan sipil yang menjadi kewenangan daerah.

Untuk melaksanakan tugas tersebut lanjut Mahlil, Disdukcapil memiliki beberapa fungsi, diantaranya, pelaksanaan pelayanan pendaftaran penduduk, pelaksanaan pelayanan pencatatan sipil, pelaksanaan pengelolaan informasi administrasi kependudukan; pelaksanaan pemanfaatan data dan dokumen kependudukan.

“Pelaksanaan pelayanan pendaftaran penduduk menangani penerbitan dokumen kependudukan seperti Kartu Tanda Penduduk (KTP), Kartu Keluarga (KK), mutasi penduduk dan lainnya, sedangkan dalam pencatatan sipil, menangani pencatatan peristiwa penting seperti pernikahan, perceraian, kematian, dan lainnya,” ujar Kepala Disdukcapil Mahlil.

“Mungkin selama ini masyarakat hanya mengenal Disdukcapil sebagai penerbit KTP dan KK. Padahal, sebenarnya ada 27 dokumen yang dikeluarkan oleh Disdukcapil,” tambah Mahlil.

Mahlil juga menjelaskan makna dari Nomor Induk Kependudukan (NIK) tercantum dalam setiap Kartu Tanda Penduduk (KTP) yang terdiri atas 16 digit dan berlaku seumur hidup.

“Enam digit pertama adalah kode wilayah di mana NIK pertama kali didaftarkan, enam digit berikutnya adalah tanggal, bulan dan tahun lahir pemilik NIK, kemudian 4 digit selanjutnya adalah nomor urut yang ditentukan oleh sistem,” jelas Mahlil.

Lebih lanjut, Mahlil mengungkapkan bahwa KTP saat ini telah bertransformasi dari konvensional ke digital dalam bentuk aplikasi di smartphone (ponsel pintar) yang dilengkapi QR Code.

BACA JUGA  Dinas DPMGP4 Nagan Raya Sosialisasi Peningkatan Partisipasi Perempuan

“Kami mengimbau kepada masyarakat untuk mengunduh aplikasi “Identitas Kependudukan Digital” melalui Play Store dan App Store. Di aplikasi tersebut, terdapat semua dokumen kependudukan yang diperlukan, seperti data dokumen KTP, KK, KIA, dan NPWP,” tutur Mahlil.

Terkait pelaksanaan pemilihan umum (pemilu) 2024, Mahlil juga menyampaikan serangkaian upaya yang telah dilakukan melalui perekaman KTP-Elektronik bagi pemilih pemula yang pertama kali menggunakan hak pilihnya.

“Selama ini, kami telah melakukan perekaman data pemilih pemula dengan pelayanan jemput bola langsung ke sekolah-sekolah dan dayah-dayah,” pungkas Kepala Disdukcapil Mahlil. (Zahari)

Share :

Baca Juga

Sumatera Utara

Mantan Kanit Tipikor, Kasad Reskrim Polres Nagan Raya – iptu Vitra Ramadani SH.M.Si Menggantikan Akp.Winarto

Sumatera Utara

Loloskan Pendaftar Tak Memenuhi Syarat, P2K Desa Penjahitan diminta Batalkan Dua Bakal Calon

Sumatera Utara

Idul Adha, Mesjid Jami Ilir Gunungsitoli Sambut Baik Penyerahan Sapi Qurban Dari Ketua DPC BMI

Sumatera Utara

Pasca Longsor, Jalan Simpang Fabali Terganggu, Warga Harap Penanganan Serius Dari Pemerintah

Sumatera Utara

Bappeda Rakor Percepatan Pelaksanaan Kegiatan Dana Alokasi Khusus DAK & Otsus 2024

Sumatera Utara

Gelar Punggahan; Agus Purwanto: Ethnis Jawa Bangkit Lestarikan Tradisi Pemersatu

Sumatera Utara

Pemkab Nagan Raya Lepaskan Jama’ah Umroh Juara Musabaqah Tilawatir Qur’an Ke XXXV Thn 2022 

Cerita Rakyat

Koramil Kuala Pesisir Bersama tim pelaksana PPK Ormawa Himakesmas FKM UTU Perkuat Program di Desa