Kadis PUTR Batanghari Tebar Hoax, Terkait Soal Pembangunan Jalan Kabupaten Di Mersam Seorang Anak Laki-Laki Yang Tenggelam Di Sungai Batanghari Semalam Sudah Di Temukan Baru Setahun Di Bangun, Plafon Gedung Puskesmas Luncuk Runtuh Bikin Heboh…!!! Mobil Pejabat Batanghari, Berplat Merah Diduga Isi Minyak Subsidi Nah..!!! Sopir Mobil Grand Max Hangus Terbakar di Jalan Lintas Bongo Jambi

Home / Ekonomi

Senin, 22 Januari 2024 - 06:18 WIB

Rakor penetapan Komitmen Besaran Dana Tanggung Jawab Sosial dan Lingkungan Perusahaan Tahun 2024 “CSR”

JURNALISHUKUM.COM, ACEH – Penjabat (Pj) Bupati Nagan Raya, Fitriany Farhas, AP., S.Sos., M.Si. membuka Rapat Koordinasi (Rakor) Penetapan Komitmen Besaran Dana Tanggung Jawab Sosial dan Lingkungan Perusahaan (TJSLP)/Corporate Social Responsibility (CSR) Tahun 2024.

Rakor yang dihadiri oleh perwakilan perusahaan-perusahaan yang beroperasi di Kabupaten Nagan Raya itu, berlangsung di Aula Bappeda Kompleks Perkantoran Suka Makmue, Jum’at (19/1/2024).

Dalam sambutannya, Fitriany menyampaikan CSR merupakan komitmen perusahaan untuk berperan serta dalam pembangunan sosial dan ekonomi berkelanjutan guna meningkatkan kualitas dan lingkungan yang bermanfaat baik bagi perusahaan, komunitas setempat maupun masyarakat pada umumnya.

“Mengingat anggaran Pemda yang terbatas, sehingga tidak semua kegiatan dapat kita realisasikan, karena itu melalui CSR yang dilaksanakan oleh perusahaan-perusahaan dapat berkontribusi secara nyata dalam pembangunan dan peningkatan kesejahteraan masyarakat,” ujar Fitriany.

Kepada seluruh perusahaan, Pj. Bupati Fitriany mengucapkan terima kasih atas komitmennya dalam melaksanakan CSR. Namun demikian, masih ada beberapa perusahaan yang realisasi CSR-nya belum mencapai 100%.

“Saya berharap agar perusahaan-perusahaan yang beroperasi di Kabupaten Nagan Raya dapat meningkatkan komitmennya dalam melaksanakan CSR,” harap Pj. Bupati Fitriany.

Pada kesempatan itu, Pj. Bupati Fitrany juga menyampaikan pada tahun 2023 yang lalu, telah menandatangani komitmen untuk pembangunan pabrik refinery Crude Palm Oil (CPO)

“Insya Allah pembangunan pabrik refinery CPO tersebut akan segera terlaksana pada tahun 2024 ini,” sebut Fitriany.

Sebelumnya, Kepala Bappeda Kabupaten Nagan Raya, Rahmattullah, S.STP., M.Si menjelaskan besaran penetapan komitmen CSR/TJSLP tahun 2023 adalah sebesar Rp18.487.495.650, yang disepakati oleh 24 perusahaan dalam wilayah Kabupaten Nagan Raya.

“Dengan adanya kebijakan baru Bank Aceh Syariah, dana CSR/TJSLP kewenangannya sudah diambil alih oleh Provinsi Aceh, sehingga Kabupaten Nagan Raya kehilangan potensi CSR/TJSLP Bank Aceh Syariah sebesar Rp1.200.000.000,” jelas Rahmat.

BACA JUGA  Penundaan Dana TC MTQ Melainkan, Munir : Dampak Temuan BPK RI di Pemkab Batanghari

Oleh karena itu, lanjut Rahmattullah, komitmen CSR/TJSLP pada tahun 2023 turun menjadi Rp17.287.495.650,- sementara realisasi CSR/TJSLP tahun 2023 sebesar Rp14.961.193.542,-

Kemudian, acara Rakor dilanjutkan dengan penandatanganan Berita Acara Penetapan Besaran TJLPSP/CSR perusahaan dalam wilayah Kabupaten Nagan Raya tahun 2024.

Turut hadir Ketua DPRK, Ketua Komisi II, Ketua Komisi III DPRK Nagan Raya, Asisten Perekonomian dan Pembangunan, para Kepala SKPK, serta sejumlah pejabat terkait lainnya. (Zahari)

Share :

Baca Juga

Ekonomi

Bank Nagari Cabang Painan di Pessel Persiapkan KUR Rp75 Miliar

Ekonomi

BREAKINGNEWS..!!! Saat Ini Gubernur Jambi Stop Aktivitas Truk Batu Bara di Jambi

Ekonomi

Nah, Kembali Naik! Ini Harga BBM Terbaru Seluruh SPBU Pertamina

Ekonomi

Pemkab Batanghari Lelang Puluhan Kendaraan Eks Dinas

Cerita Rakyat

Perencanaan Program Disdagkop UKM Batanghari di Soal, Pagar Komplek BBC Muarabulian di Renovasi Sementara Gedung Ruko Rusak Dan Bocor

Ekonomi

Hebat..!!! Sidik Kembali Jadi Direktur PDAM Tirta Batanghari

Cerita Rakyat

Nah..!!! Malam Ini, KS Truk Angkutan Batubara Ancam Akan Putar Balikan Angkutan Milik Perusahaan

Ekonomi

No Arms, No Legs, No Worries