Kadis PUTR Batanghari Tebar Hoax, Terkait Soal Pembangunan Jalan Kabupaten Di Mersam Seorang Anak Laki-Laki Yang Tenggelam Di Sungai Batanghari Semalam Sudah Di Temukan Baru Setahun Di Bangun, Plafon Gedung Puskesmas Luncuk Runtuh Bikin Heboh…!!! Mobil Pejabat Batanghari, Berplat Merah Diduga Isi Minyak Subsidi Nah..!!! Sopir Mobil Grand Max Hangus Terbakar di Jalan Lintas Bongo Jambi

Home / Sumatera Utara

Selasa, 31 Oktober 2023 - 08:24 WIB

Dinas DPMGP4 Nagan Raya Sosialisasi Peningkatan Partisipasi Perempuan

JURNALISHUKUM.COM, NAGANRAYA – Dinas Pemberdayaan Masyarakat Gampong Pengendalian Penduduk dan Pembedayaan Perempuan (DPMGP4) Kabupaten Nagan Raya melakukan Sosialisasi Peningkatan Partisipasi Perempuan di Bidang Hukum, Politik, Sosial dan Ekonomi.

Kegiatan tersebut di buka Wakil Ketua II DPRK Nagan Raya, Hj. Puji Hartini ST.,MM, berlangsung di Aula Hotel Grand Nagan, Simpang Peut, Kecamatan Kuala, kabupaten setempat. Senin (30/10/2023)

Saat membuka acara, Puji Hartini dalam sambutannya menyampaikan dirinya menyambut baik dan memberikan dukungan penuh atas diselenggarakannya kegiatan ini oleh DPMGP4 Kabupaten Nagan Raya.

“Saya berharap, melalui sosialisasi peningkatan partisipasi perempuan di bidang hukum, politik, sosial dan ekonomi ini dapat meningkatkan kualitas sumberdaya perempuan,” paparnya.

Dijelaskan, tidak dapat dipungkiri dalam konteks Nagan Raya, bahkan Indonesia persoalan mengenai keterwakilan perempuan di parlemen masih menghadapi sejumlah tantangan, baik itu internal maupun eksternal.

“Sebagai warga negara seluruh hak kaum perempuan dijamin konstitusi, termasuk hak untuk berpartisipasi di bidang politik, serta jaminan terhadap hak berpolitik perempuan tidak hanya di tingkat nasional tetapi juga di tingkat global,” ujar Politisi Partai SIRA itu.

Menurutnya, kendala-kendala internal di antaranya masih lemahnya kualitas sumber daya manusia khususnya kaum perempuan, terbatasnya jumlah kaum perempuan yang memiliki kualitas dan kualifikasi yang mumpuni di bidang hukum, politik, ekonomi dan sosial. Sementara kendala eksternal antara lain kulture masyarakat Indonesia yang cenderung Partiarkhi.

Di akhir sambutannya, Ketua II DPRK Nagan Raya itu, berharap dengan adanya kegiatan ini dapat menjadi langkah strategis dalam meningkatkan Indeks Pembedayaan Gender (IPG), salah satunya semoga dapat meningkatkan keterwakilan perempuan dalam politik, maupun dalam pembedayaan perempuan di bidang lainnya.

“Untuk itu, kita perlu meningkatkan kapasitas dan memperluas cakupan pendidikan politik, hukum, sosial dan ekonomi bagi perempuan khususnya di Kabupaten Nagan Raya,” tutup Puji Hartini.

BACA JUGA  Seorang Warga Beutong Nagan Raya Hilang Dan Belum Ditemukan¬†

Sebelumnya, Kepala DPMGP4, Damharius SPd.,M.Si dalam laporannya menyampaikan bahwa sosialisasi peningkatan partisipasi perempuan di bidang hukum, politik, sosial dan ekonomi ini merupakan kegiatan pertama yang dilaksanakan DPMGP4 sepanjang tahun 2022/2023 yang salah-satu tugasnya adalah melakukan pembedayaan perempuan.

“Saya berharap dengan adanya kegiatan ini, dapat menambah poin dalam indeks pembangunan gender (IPG) Kabupaten Nagan Raya secara tidak langsung, untuk secara langsung semoga dapat menyumbang input kegiatan dalam evaluasi pengarusutaan gender di tahun 2023,” kata Damharius.

Dikatakan, peserta yang hadir hari ini adalah perempuan – perempuan hebat, terdiri dari unsur organisasi perempuan, seperti PKK, Darma Wanita, organisasi profesi, organisasi keagamaan serta organisasi perempuan lainnya yang ada di Kabupaten Nagan Raya.

Acara tersebut dilanjutkan dengan pemaparan materi tentang “Peningkatan Partisipasi Perempuan di bidang hukum, politik, sosial dan ekonomi” yang di sampaikan, Kabid Pemenuhan Hak Anak pada Dinas Pembedayaan Perempuan dan Pelindungan Anak (DP3A) Provinsi Aceh, Amrina Habibie SH.,MH, dan sesi tanya jawab serta diskusi bersama.

Turut hadir TP PKK, Dharma Wanita Persatuan, para perwakilan SKPK terkait, Keuchik Krueng Mangkom, Keuchik Meugat Meh, serta organisasi perempuan yang ada di Kabupaten Nagan Raya seperti, Ketua Srikandi, IBI, BKMT, BSUA, Forhati, Salimah, FPPI, Puji Center, Gradasi, Relawan Sapa Purwosari Jokja dan Lung Baro, Kader PATBM Lueng Baro, Jeuram, Purwosari, Nigan, Forum Anak dan undangan lainnya. (Zahari)

Share :

Baca Juga

Sumatera Utara

PW IPNU Sumut Dukung Program Kerja Rektor UIN Sumut

Sumatera Utara

Abrasi Sungai Di Desa Pulo Kecamatan Kuala Pesisir Nagan Raya Semakin Parah

Sumatera Utara

Ketua DPD GMNI Sumut, Minta Kepada Walikota Medan Memberikan Solusi Terhadap Jemaat GEKI

Sumatera Utara

Pasca Longsor, Jalan Simpang Fabali Terganggu, Warga Harap Penanganan Serius Dari Pemerintah

Sumatera Utara

Bupati Nagan Raya Melalui Kepala Bapedda Memetakan Isu Strategis Di Setiap OPD

Sumatera Utara

Masyarakat Di Fogging Dengan Pembakaran Jankos Sawit PT Ensen Lestari Gagak Lamie Nagan Raya

Sumatera Utara

Diduga Kepala Desa Keuchik Nagan Raya Di Dukung Oknum-Oknum Pemerintahan Di Pilchiksung

Sumatera Utara

Bahktiar Sibarani Ingatkan, Penyelenggara Pemilu Jangan Coba-Coba Lakukan Kecurangan