Kadis PUTR Batanghari Tebar Hoax, Terkait Soal Pembangunan Jalan Kabupaten Di Mersam Seorang Anak Laki-Laki Yang Tenggelam Di Sungai Batanghari Semalam Sudah Di Temukan Baru Setahun Di Bangun, Plafon Gedung Puskesmas Luncuk Runtuh Bikin Heboh…!!! Mobil Pejabat Batanghari, Berplat Merah Diduga Isi Minyak Subsidi Nah..!!! Sopir Mobil Grand Max Hangus Terbakar di Jalan Lintas Bongo Jambi

Home / Peristiwa

Sabtu, 18 November 2023 - 17:43 WIB

Kini Ditlantas Polda Jambi Terapkan Sistem Ganjil Genap Angkutan Batubara

JURNALISHUKUM.COM, JAMBI – Ditlantas Polda Jambi kembali membuka aktivitas angkutan batubara di jalan nasional Provinsi Jambi pada Jumat 17 November 2023.

Namun, Ditlantas Polda Jambi menerapkan sistem ganjil genap untuk aktivitas angkutan batubara sementara waktu.

Penerapan sistem ganjil genap untuk angkutan batubara ini dikarenakan masih adanya proses pengerasan di jalan nasional Desa Sridadi tepatnya di Jalan Muara Bulian – Tembesi.

Sehingga, pada ruas jalan tersebut akan diberlakukan sistem buka setengah jalur.

Kemudian tidak jauh dari lokasi perbaikan jalan tersebut pada ruas jalan yang sama terdapat dua titik jalan juga yang sedang dilakukan perbaikan.

Dirlantas Polda Jambi Kombes Pol, Dhafi mengatakan dalam sistem ganjil genap ini angkutan batubara wajib mempedomani manajemen Operasional Angkutan Batubara pada ruas jalan nasional menuju ke pelabuhan talang duku.

“Sistem ganjil genap ini diberlakukan buka tutup keluar mulut tambang pada tanggal ganjil dibuka dan tanggal genap ditutup (open and close coal transportation) pada ruas jalan nasional untuk angkutan batubara yang melintas,”ujarnya. Sabtu, 18 November 2023.

Kemudian, angkutan batubara juga harus mempedomani ketentuan Operasional pada ruas jalan umum terkait Batasan Tonase dan Jam Opersional.

Adapun jam operasional yang telah ditentukan Ditlantas Polda Jambi untuk angkutan batubara boleh melintas Pukul 19.00 Wib wilayah Sarolangun / Tebo.

Kemudian, Pukul 20.00 Wib wilayah Batanghari dan pukul 21.00 Wib wilayah Muaro Jambi.

Ditlantas Polda Jambi pun menegaskan Angkutan batubara beroperasional di jalan nasional Provinsi Jambi tidak boleh lebih dari 4.000 unit kendaraan perhari.

“Sistem buka tutup dan penerapan sistem ganjil genap untuk angkutan batubara ini bersifat sementara sampai dengan perbaikan jalan pada ruas jalan Muara Bulian – Muara Tembesi yang diperbaiki selesai dilaksanakan,” jelasnya.

BACA JUGA  Nah..!!! Ada Penemuan Mayat Seorang Laki-Laki Di Kecamatan Pemayung Batanghari

Sementara itu, Apabila ketentuan sistem ganjil genap ini dilanggar angkutan batubara, maka Ditlantas Polda Jambi akan kembali menyetop hauling batubara untuk dievaluasi.

Jurnalis Hukum : Heriyanto S.H.,C.L.A

Share :

Baca Juga

Nasional

Pasca Bom Bunuh Diri, Kapolri Jenguk Korban di Rumah Sakit Immanuel Bandung

Peristiwa

BreakingNews…!!! Diduga, Seorang Anak Tenggelam di Marosebo Ilir Batanghari

Peristiwa

Syahlan Samosir : DPC Peradi Jambi Siap Menuju Single Bar

Peristiwa

Polda Sumatera Utara Tangkap Terduga Pelaku Ujaran Kebencian di Toba

Hukrim

Lagi, KPK Tetapkan Enam Tersangka Dugaan Tipikor Penyaluran Bantuan Kemensos Tahun 2020

Peristiwa

Perumahan BTN Permata Hijau Kuala Tungkal Terbakar

Peristiwa

Nah..!!! Puluhan Rumah Ludes Terbakar Di Kuala Tungkat Tanjab Barat

Cerita Rakyat

Dipertanyakan Lagi, Berapa Pajak Tanah RTH di Mersam Yang Di Beli Pemkab Batanghari