Banyak Kabel Udara Tidak Miliki Izin Dan Tidak Melapor ke APJII Jambi, Kadis PUTR Batanghari Tebar Hoax, Terkait Soal Pembangunan Jalan Kabupaten Di Mersam Seorang Anak Laki-Laki Yang Tenggelam Di Sungai Batanghari Semalam Sudah Di Temukan Baru Setahun Di Bangun, Plafon Gedung Puskesmas Luncuk Runtuh Bikin Heboh…!!! Mobil Pejabat Batanghari, Berplat Merah Diduga Isi Minyak Subsidi

Home / Batang Hari / Uncategorized

Rabu, 14 Juni 2023 - 12:21 WIB

Anggaran Pembersih Lahan Sirkuit di Dinas Perkim Batanghari Perlu Di Usut

JURNALISHUKUM.COM, BATANGHARI – Anggaran Pembersih Lahan Sirkuit di Dinas Perumahan dan Kawasan Pemukiman (Perkim) Batanghari, Jambi, perlu di usut. Pasalnya pembangunan tersebut diduga tidak sesuai dengan apa yang sudah di rencanakan di dalam program Bupati Batanghari.

“Dengan mata kepala saya sendiri melihat, bahwa anggaran Pembersih Lahan Sirkuit ini perlu kami pertanyakan dan diusut. Sebab, anggaran tersebut terlalu besar dengan lokasi lahan yang seperti ini,” kata Lukman Fadhil, tokoh masyarakat Batanghari di lokasi lahan Sirkuit.

Menurut dia, bahwa anggaran yang di pergunakan untuk pembesih lahan itu di anggarkan di APBD-P Tahun 2022. Bahkan, kondisi saat ini lahan tersebut semberawut dan sepertinya tidak ada tanda-tanda lahan ini di bersihkan oleh pihak rekanan dan juga pihak dinas.

“Ini sangat keterlaluan sekali bagi kami sebagai tim Bupati Batanghari. Melihat dari kondisi lahan tersebut sangat-sangat memprihatinkan, sementara anggarannya cukup besar,” ujarnya.

Dia juga mengatakan, hingga saat ini, papan merek proyek pembersihan lahan Sirkuit ini masih terpasang di lapangan Volli Ball di Kelurahan Rengas Condong Kecamatan Muarabulian Kabupaten Batanghari, tepatnya arah jalan menuju simpang kilangan.

“Pada nama kegiatan di papan merek itu tertulis penyediaan prasarana, sarana dan utilitas umum di perumahan untuk menunjang fungsi hunian, pada pekerjaannya pembersihan lahan Sirkuit dengan nilai kontrak sebesar Rp199. 344. 000. Pelaksananya CV Karya Torikido Lestari dan pengawasnya dari CV Teknisia Plan,” jelasnya.

Dia juga menjelaskan, terhadap anggaran ini mengacu kepada aturan perumahan atau lahan serta anggarannya seperti apa. Seperti contoh, berapa biaya pembersih lahan itu permeternya, apakah sesuai dengan aturan atau tidak.

Dia juga sangat menyayangkan dengan pemubaziran anggaran negara yang saat ini digunakan oleh pihak dinas asal-asalan dan terbengkalai. Bahkan, Bupati Batanghari, harus benar-benar mengetahui akan hal ini, sebab pembangunan sirkuit ini termasuk ke dalam programnya.

BACA JUGA  Tower Air Purwodadi Kecamatan Kuala Pesisir Nagan Raya Belum Bisa Difungsikan Masyarakat

Perlu diketahui, berdasarkan informasi yang diperoleh pembangunan sirkuit bakal dipindah di lokasi lain. Pengerjaan proyek yang bakal menelan anggaran kurang lebih sebesar Rp20 miliar itu pun harus menunggu setelah penentuan lokasi dan ganti rugi lahan diselesaikan oleh Pemda Batanghari.

Kepala Dinas Perumahan dan Pemukiman (Perkim) Batanghari, A Shomad melalui media Partner Bulian.id mengatakan, salah satu alasan pemindahan lokasi pembangunan sirkuit tersebut yakni karena Batanghari akan menjadi tuan rumah dari event drag race.

“Menurut saya, alasan ini tidak tepat dan pertanyaannya, anggaran Pembersih lahan sirkuit yang sudah habis digunakan itu, siapa yang bertanggungjawab dan proyek ini merupakan Mega proyek dan jangan jadikan proyek sirkuit ini seperti proyek Waterboom,” tandasnya. (Ist)

Jurnalis Hukum : Heriyanto S.H.,C.L.A

Print Friendly, PDF & Email

Share :

Baca Juga

Uncategorized

Mantan Kades Sungai Lingkar di Panggil Polres Batanghari, Soal Laporan Dirut PT JBS

Batang Hari

Bupati Batanghari Kembali Serahkan Beasiswa Batanghari Tangguh

Batang Hari

Bupati Batanghari Di Undang Media Tempo

Batang Hari

Bupati Batanghari Terus Upaya Tenaga Honorer Diangkat Jadi PPPK di Tahun 2024 Ini

Batang Hari

DPRD Batanghari Minta Di Tahun 2024 Jangan Ada Lagi Tunda Bayar

Batang Hari

Bupati Batanghari Tandatangani Kesepakatan Bersama Dengan Pemkot Jambi

Batang Hari

Bupati Batanghari : Pemkab Akan Bangun Jalan Produksi di 5 Lokasi

Uncategorized

Tiga Kerbau Warga Mati Di Areal Perkebunan Sawit PT Sofindo Seunagan Nagan Raya
error: Content is protected !!