https://dashboard.mgid.com/user/activate/id/685224/code/68609134aa79c3b5cb0177965d610587
Banyak Kabel Udara Tidak Miliki Izin Dan Tidak Melapor ke APJII Jambi, Kadis PUTR Batanghari Tebar Hoax, Terkait Soal Pembangunan Jalan Kabupaten Di Mersam Seorang Anak Laki-Laki Yang Tenggelam Di Sungai Batanghari Semalam Sudah Di Temukan Baru Setahun Di Bangun, Plafon Gedung Puskesmas Luncuk Runtuh Bikin Heboh…!!! Mobil Pejabat Batanghari, Berplat Merah Diduga Isi Minyak Subsidi

Untuk Wilayah Kabupaten Batanghari Pesan Pupuk Organik Disini Dan Harga Terjangkau. Hubungi 085266117730

Home / Cerita Rakyat

Rabu, 1 November 2023 - 13:55 WIB

Stockpile Batubara Milik PT. DPP Di Desa Tenam Bangun Kolam Putar Bukan Galian C

JURNALISHUKUM.COM, BATANGHARI – Lokasi Stockpile Batubara milik PT Deli Pertama Pelabuhan (DPP) di Desa Tenam Kecamatan Muarabulian Kabupaten Batanghari, Jambi, membangun kolam putar dan bukan melakukan aktivitas galian C di sungai Batanghari. Hal ini dikatakan Yopi, seorang pihak internal perusahaan PT. DPP, Rabu (1/11) diruang kerjanya.

“Ya, penggalian yang kita lakukan itu bukan galian C, akan tetapi bangunan kolam putar. Kolam putar itu tempat sender kapal yang akan berlabuh di Stockpile kita itu pak,” kata Yopi.

Dia juga mengatakan, dalam pelaksanaan kolam putar tersebut merupakan perawatan. Bahkan dulu, pada saat pihaknya bangun Jeti, disitu kedalaman sungai sedalam enam meter, sekarang tinggal empat meteran.

“Kini kami kembalikan lagi kedalaman sungai disekitar Stockpile itu sedalam 2 meter dan untuk ukurannya hanya untuk kapal atau tongkang saja,” ujarnya.

Dia juga mengatakan, untuk luas bangunan penggalian kolam putar tersebut sekitar 30 meter luasnya dan menambah kedalaman kembali untuk aktivitas kapal dan tongkang nantinya.

Menurut dia, untuk izin pembuatan kolam putar ini sudah mendapat izin dari pihak Dinas Perhubungan (Dishub) Provinsi Jambi dan juga pihak instansi lainnya.

“Untuk pasir yang di sedot dari sungai tersebut dikumpulkan di tiga kolam penampungan atau kolam pengendapan, supaya nanti air sungai tersebut akan bersih kembali dan alat materialnya juga tidak akan kembali ke sungai Batanghari,” jelasnya.

Ketika ditanya, kapan perusahaan Stockpile ini beroperasi,? Dia mengatakan, untuk saat ini pihaknya masih menunggu selesainya pembangunan jalan menuju ke Stockpile.

Sementara itu, berdasarkan keterangan dari masyarakat setempat dan juga pihak Pemerintahan Desa sebelumnya, bahwa aktivitas yang dilakukan oleh pihak perusahaan adalah aktivitas galian C dan untuk izin dari aktivitas tersebut juga tidak dijelaskan.

BACA JUGA  Pecah..!!!Aksi Solidaritas Peduli Palestina Di Batanghari Di Hadiri Ribuan Orang

Damanhuri, yang mengakui sebagai Humas PT. DPP pada pemberitaan sebelumnya membenarkan, bahwa galian di pinggir sungai Batanghari itu merupakan galian C dan sudah memiliki izin dan sudah termasuk kedalam izin Amdal perusahaan.

“Ya, terkait dengan galian C yang dilakukan oleh pihak perusahaan di sungai Batanghari untuk membuat kedalaman sungai, karena kapal atau ponton akan mendarat di Stockpile Batubara itu,” tandasnya. (Ist)

Jurnalis Hukum : Heriyanto S.H.,C.L.A

Print Friendly, PDF & Email

Share :

Baca Juga

Cerita Rakyat

Ketua Pembangunan Masjid An-Nur Turut Apresiasi Atas Bantuan Yang Telah Diberikan Anggota DPRD Provinsi Jambi

Cerita Rakyat

Penundaan Dana TC MTQ Melainkan, Munir : Dampak Temuan BPK RI di Pemkab Batanghari

Cerita Rakyat

Polres Tanjab Barat Berikan Bansos kepada Warga Terdampak Naiknya Harga Sembako

Cerita Rakyat

Melihat Permainan Pelaku Usaha Pertambangan Batubara di Jambi, Pasca Kasus Ismail Bolong

Cerita Rakyat

Fathuddin Singgung Tim Berjuang di Pilkada Tahun 2020 Lalu Banyak Yang Tidak Menikmati

Cerita Rakyat

Meriah ! Dies Natalis Universitas Jambi ke- 61 Resmi dibuka

Cerita Rakyat

IWO Batanghari Datangi SDN185 di Sialang Pungguk Muarabulian Dengan Kondisi Jalan Berlumpur

Cerita Rakyat

Polres Batanghari Tangkap Seorang Pelaku Dugaan Pencabulan
error: Content is protected !!