Kadis PUTR Batanghari Tebar Hoax, Terkait Soal Pembangunan Jalan Kabupaten Di Mersam Seorang Anak Laki-Laki Yang Tenggelam Di Sungai Batanghari Semalam Sudah Di Temukan Baru Setahun Di Bangun, Plafon Gedung Puskesmas Luncuk Runtuh Bikin Heboh…!!! Mobil Pejabat Batanghari, Berplat Merah Diduga Isi Minyak Subsidi Nah..!!! Sopir Mobil Grand Max Hangus Terbakar di Jalan Lintas Bongo Jambi

Home / Cerita Rakyat

Rabu, 1 November 2023 - 13:55 WIB

Stockpile Batubara Milik PT. DPP Di Desa Tenam Bangun Kolam Putar Bukan Galian C

JURNALISHUKUM.COM, BATANGHARI – Lokasi Stockpile Batubara milik PT Deli Pertama Pelabuhan (DPP) di Desa Tenam Kecamatan Muarabulian Kabupaten Batanghari, Jambi, membangun kolam putar dan bukan melakukan aktivitas galian C di sungai Batanghari. Hal ini dikatakan Yopi, seorang pihak internal perusahaan PT. DPP, Rabu (1/11) diruang kerjanya.

“Ya, penggalian yang kita lakukan itu bukan galian C, akan tetapi bangunan kolam putar. Kolam putar itu tempat sender kapal yang akan berlabuh di Stockpile kita itu pak,” kata Yopi.

Dia juga mengatakan, dalam pelaksanaan kolam putar tersebut merupakan perawatan. Bahkan dulu, pada saat pihaknya bangun Jeti, disitu kedalaman sungai sedalam enam meter, sekarang tinggal empat meteran.

“Kini kami kembalikan lagi kedalaman sungai disekitar Stockpile itu sedalam 2 meter dan untuk ukurannya hanya untuk kapal atau tongkang saja,” ujarnya.

Dia juga mengatakan, untuk luas bangunan penggalian kolam putar tersebut sekitar 30 meter luasnya dan menambah kedalaman kembali untuk aktivitas kapal dan tongkang nantinya.

Menurut dia, untuk izin pembuatan kolam putar ini sudah mendapat izin dari pihak Dinas Perhubungan (Dishub) Provinsi Jambi dan juga pihak instansi lainnya.

“Untuk pasir yang di sedot dari sungai tersebut dikumpulkan di tiga kolam penampungan atau kolam pengendapan, supaya nanti air sungai tersebut akan bersih kembali dan alat materialnya juga tidak akan kembali ke sungai Batanghari,” jelasnya.

Ketika ditanya, kapan perusahaan Stockpile ini beroperasi,? Dia mengatakan, untuk saat ini pihaknya masih menunggu selesainya pembangunan jalan menuju ke Stockpile.

Sementara itu, berdasarkan keterangan dari masyarakat setempat dan juga pihak Pemerintahan Desa sebelumnya, bahwa aktivitas yang dilakukan oleh pihak perusahaan adalah aktivitas galian C dan untuk izin dari aktivitas tersebut juga tidak dijelaskan.

BACA JUGA  Koramil Kuala Pesisir Bersama tim pelaksana PPK Ormawa Himakesmas FKM UTU Perkuat Program di Desa

Damanhuri, yang mengakui sebagai Humas PT. DPP pada pemberitaan sebelumnya membenarkan, bahwa galian di pinggir sungai Batanghari itu merupakan galian C dan sudah memiliki izin dan sudah termasuk kedalam izin Amdal perusahaan.

“Ya, terkait dengan galian C yang dilakukan oleh pihak perusahaan di sungai Batanghari untuk membuat kedalaman sungai, karena kapal atau ponton akan mendarat di Stockpile Batubara itu,” tandasnya. (Ist)

Jurnalis Hukum : Heriyanto S.H.,C.L.A

Share :

Baca Juga

Cerita Rakyat

Diduga, Pengusaha Tambang Minyak Illegal Drilling Bajubang Batanghari Stor Uang Koordinasi

Cerita Rakyat

Bacaleg Asal Mersam Batanghari Akan Adakan Lomba Baca Teks Proklamasi Mirip Soekarno

Cerita Rakyat

HUT Lantas Ke 68, Polres Bungo Akan Gelar Turnamen E-Sports

Cerita Rakyat

Warga Di Dua Kecamatan Di Batanghari Keluhkan Bau Busuk Limbah PKS Milik PT. KBHB

Cerita Rakyat

Polres Tanjab Barat Berikan Bansos kepada Warga Terdampak Naiknya Harga Sembako

Cerita Rakyat

AKP. P Sagala : Petugas KPPS Merupakan Pahlawan Demokrasi

Cerita Rakyat

Nah…!!! Bumdes Rambutan Masam Batanghari Diduga Tidak Transfaran

Batang Hari

Warga Mersam Minta BPK Jambi Periksa Bangunan Perakuat Tebing Dana APBD Provinsi Jambi