https://dashboard.mgid.com/user/activate/id/685224/code/68609134aa79c3b5cb0177965d610587
Banyak Kabel Udara Tidak Miliki Izin Dan Tidak Melapor ke APJII Jambi, Kadis PUTR Batanghari Tebar Hoax, Terkait Soal Pembangunan Jalan Kabupaten Di Mersam Seorang Anak Laki-Laki Yang Tenggelam Di Sungai Batanghari Semalam Sudah Di Temukan Baru Setahun Di Bangun, Plafon Gedung Puskesmas Luncuk Runtuh Bikin Heboh…!!! Mobil Pejabat Batanghari, Berplat Merah Diduga Isi Minyak Subsidi

Untuk Wilayah Kabupaten Batanghari Pesan Pupuk Organik Disini Dan Harga Terjangkau. Hubungi 085266117730

Home / Nasional

Minggu, 25 Februari 2024 - 10:57 WIB

Lembaga Auditorium ACC Sukabumi Bersama DPW BAIN HAM RI Jawa Barat Selenggarakan Training Hukum

JURNALISHUKUM.COM, JAMBI – Lembaga Auditorium Cendekia Center Sukabumi bekerja sama dengan organisasi badan Advokasi Investigasi Hak Asasi Manusia Republik Indonesia Dewan Pimpinan Wilayah Jawa Barat (ACC Sukabumi – BAIN HAM RI DPW JABAR), selenggarakan training kompetensi hukum dengan gelar non akademik Sertifikat Fundamental Law Science (CFLS) dan sekaligus melantik pengurus DPD Sukabumi dan DPD Kota Bogor.

Kegiatan dilaksanakan selama tiga hari bertempat di Auditorium Cendekia Center Sukabumi, pada Jum’at tanggal 23 s.d 25 Februari 2024, training dimulai pada pukul 8.00 WIB pagi hingga sampai selesai pada pukul 17.00 WIB sore, dan pada saat isoma semua peserta rehat sejenak kemudian melanjutkan pendalaman materi hukum.

Peserta training kompetensi hukum sangat antusias dalam mengikuti pemahaman hukum dimana selain peserta dari Jawa Barat ada juga peserta yang mengikuti dari luar provinsi Jawa Barat yaitu dari provinsi Sulawesi Selatan, Surabaya, dan provinsi Jambi. Yang diluar Jawa Barat, training mengikuti secara virtual (zoom meeting), jumlah peserta diperkirakan 39 orang.

Dalam penyampaian materi ada beberapa Narasumber. Salah satunya adalah Assist, Prof.Dr. Hamdan Firmansyah , MMPd, MH, CT, CMT yang akrab disapa dengan nama Buya adalah merupakan selaku ketua dewan penasehat DPW BAIN HAM RI Provinsi Jawa Barat. Pada materinya menjelaskan. Bahwa, training hukum yang diselenggarakan perdana ini, para peserta diharapkan untuk memahami apa itu hukum, apa pengertian hukum, apa tujuan dibentuknya hukum, apa kedudukan dan fungsi hukum, sistem hukum dan dari apa sumber hukum.

“Saya berharap materi yang disampaikan agar peserta menyimak dengan sungguh-sungguh sehingga dapat memahami tentang ilmu hukum, dan ketika nantinya setelah training ini selesai insya Alloh akan lahir Paralegal dari Bain HAM RI Jawa Barat untuk dapat mengadvokasi/pendampingan hukum bagi masyarakat, ” paparnya.

BACA JUGA  Guru Besar Farmakologi UGM: Fomepizole Bukan Obat Gagal Ginjal Akut

Lebih lanjut dijelaskannya, pada Sila ke-1 yang berbunyi “Ketuhanan Yang Maha Esa” maka jika dicermati dengan seksama bahwa hukum bersumber dari Islam. Namun secara umum di Indonesia ada beberapa agama, dimana Bangsa Indonesia menyatakan kepercayaannya dan ketakwaannya terhadap Tuhan Yang Maha Esa Menghargai dan menghormati keberagaman budaya, agama, dan etnis di Indonesia.

Menempatkan kesejahteraan rakyat sebagai prioritas utama. Menjamin kedaulatan bangsa Indonesia dalam segala aspek kehidupan, menghormati harkat dan martabat manusia serta melindungi hak asasi manusia.

Pada hari ke tiga akhir acara training hukum, Edi Junaidi selaku Ketua DPW BAIN RI Jawa Barat juga melantik DPD Sukabumi dan DPD Kota Bogor.

Dalam sambutannya, Edi mengatakan dengan telah dilantiknya pengurus DPD BAIN HAM RI, ketika menjalankan tugas agar menjaga nama baik dan harkat martabat organisasi.

“Setelah ini, saya berpesan jaga nama baik organisasi, ” ungkapnya.

Secara terpisah. Ketua Panitia Pelaksanaan Training Hukum CFLS, Hedda Ferdiansyah SE.,C.FLS, saat dikonfirmasi wartawan jurnalishukum.com Jambi, pada Ahad 25 Februari 2023.

Apa pesan kesannya Abang dengan training hukum ini. Hedda mengatakan, saya berharap peserta training jadilah paralegal yang tangguh dan bermanfaat bagi masyarakat dan kesannya.

“Ya, semoga kedepan BAIN HAM RI terus mengadakan training, edukasi hukum bagi masyarakat,” tutup singkat.

Selanjutnya, acara ditutup dengan doa dan foto bersama dengan peserta training hukum. (M. Hatta)

Print Friendly, PDF & Email

Share :

Baca Juga

Nasional

Jelang Arus Mudik, Polda Jambi Bersama Pertamina Sidak Ke SPBU

Nasional

Proses Perceraian Bupati Purwakarta Seakan Banyak Intriknya

Cerita Rakyat

Ninik Rahayu : Revisi Kedua UU ITE Ancam Kebebasan Pers

Nasional

Nah…!!! MKMK Putuskan 6 Hakim MK Langgar Etik, Disanksi Teguran Lisan

Nasional

Ini Ada Daftar Nama-nama 3 Perwira Polda Jambi yang Resmi Dimutasi

Nasional

Guru Besar Farmakologi UGM: Fomepizole Bukan Obat Gagal Ginjal Akut

Nasional

Soal PNS Daftar Sekretariat PPS,? Ini Kata Kadis Pemkab Singkil

Nasional

Lagi, Kejagung RI Periksa 2 Orang Saksi Terkait Perkara PT Krakatau Steel Pada Tahun 2011
error: Content is protected !!