Kadis PUTR Batanghari Tebar Hoax, Terkait Soal Pembangunan Jalan Kabupaten Di Mersam Seorang Anak Laki-Laki Yang Tenggelam Di Sungai Batanghari Semalam Sudah Di Temukan Baru Setahun Di Bangun, Plafon Gedung Puskesmas Luncuk Runtuh Bikin Heboh…!!! Mobil Pejabat Batanghari, Berplat Merah Diduga Isi Minyak Subsidi Nah..!!! Sopir Mobil Grand Max Hangus Terbakar di Jalan Lintas Bongo Jambi

Home / Tanjabbar

Rabu, 8 Maret 2023 - 13:11 WIB

KUA Tungkal Ilir : 50 Persen Calon Pengantin Sudah Mengenal Elsimil

JURNALISHUKUM.COM, TANJABBARAT – Aplikasi Elektronik Siap Nikah Siap Hamil (Elsimil) yang diluncurkan Pemerintah melalui Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) untuk di Kantor Urusan Agama atau KUA Kecamatan Tungkal Ilir sudah diterapkan.

Bahkan dari peristiwa Pernikahan dalam satu Bulan yang mencapai 30 hingga 50 pernikahan, 50 Persen Calon pengantin sudah mendownload aplikasi Elsimil sebagai upaya mitigasi kasus Stunting dan mempersiapkan pasangan Ideal menikah dan hamil.

“Untuk penerapan kerjasama BKKBN dan Kemenag terkait Aplikasi Elektronik Siap Nikah Siap Hamil (Elsimil) Alhamdulillah di KUA Tungkal Ilir telah berjalan,” kata Kepala Kantor Urusan Agama (KUA) Kecamatan Tungkal Ilir H. Abdullah.

Abdullah menyebutkan, saat pelaksanaan bimbingan perkawinan di KUA Kecamatan Tungkal Ilir, tentunya antara BKKBN, Dinas Kesehatan saling berkoordinasi untuk memberikan bimbingan perkawinan terhadap calon pengantin.

“Kemenag sendiri tentunya memberikan bimbingan perkawinan sesuai dengan syariat dan hukum Islam,” katanya.

Selain itu bimbingan juga diberikan oleh Dinas Kesehatan tentang reproduksi sehat dan di BKKBN terkait aplikasi Elsimil tentang layaknya calon pengantin dalam proses pelaksanaan akad nikah, sesuai dengan aplikasi yang diterapkan BKKBN.

“Alhamdulillah di KUA kecamatan Tungkal Ilir dengan BKKBN telah bersinergi setiap Calon Pengantin telah kita anjurkan untuk mendownload aplikasi Elsimil,” katanya.

“Sebagian Calon pengantin telah mendownload dan terdata di BKKBN dan di KUA telah kita terima sertifikat Elsimil melalui pendaftaran pernikahan,” imbuhnya.

Masih sehubungan dengan Elsimil H Abdullah mengungkapkan, rata-rata pernikahan di Kecamatan Tungkal Ilir 30-50 peristiwa Nikah. Sebagian Calon sudah download dan sebagian lagi mungkin belum memahami bagaimana mencetaknya.

” Bagi mereka yang belum memahami Elsimil ini, mereka kita bimbing  bekerjasama dengan BKKBN,” ujarnya.

BACA JUGA  Nah...!!!Dua Tahun Pemerintahan Bupati Tanjab Barat Miskin Gagasan

Menurutnya, tujuan Elsimil ini mungkin karena saat ini pemerintah tengah gencar-gencarnya dalam menurunkan angka Stunting, penurunan angka Stunting khsususnya di wilayah Kecamatan Tungkal Ilir. (Mubarak)

Share :

Baca Juga

Tanjabbar

PJS Kecam Tindakan Pengeroyokan Kepada Ketua DPC PJS Tanjabar

Tanjabbar

Bupati Tanjab Barat Pimpin Apel Operasi Ketupat di Halaman Mapolres 

Peristiwa

Sijago Merah Kembali Memangsakan Satu Unit Rumah Warga Kuala Tungkal

Tanjabbar

Antusias Masyarakat Hadiri Peringatan Maulid Nabi di Kelurahan Betara Kiri, Hadirkan Politisi dan Pembangunan Daerah

Tanjabbar

TNI-Polri Bantu Amankan Tabligh Akbar Bersama Senkom dan Ormas Lainnya

Tanjabbar

Bupati Tanjabar Sambut Baik Kedatangan Audiensi Tokoh Masyarakat Jambi

Tanjabbar

PJS Sambangi Kapolres Jalin Silaturahmi di Bulan Ramadhan

Tanjabbar

Dihari Libur Bulog Kuala Tungkal Tetap Layani Masyarakat