https://dashboard.mgid.com/user/activate/id/685224/code/68609134aa79c3b5cb0177965d610587
Banyak Kabel Udara Tidak Miliki Izin Dan Tidak Melapor ke APJII Jambi, Kadis PUTR Batanghari Tebar Hoax, Terkait Soal Pembangunan Jalan Kabupaten Di Mersam Seorang Anak Laki-Laki Yang Tenggelam Di Sungai Batanghari Semalam Sudah Di Temukan Baru Setahun Di Bangun, Plafon Gedung Puskesmas Luncuk Runtuh Bikin Heboh…!!! Mobil Pejabat Batanghari, Berplat Merah Diduga Isi Minyak Subsidi

Untuk Wilayah Kabupaten Batanghari Pesan Pupuk Organik Disini Dan Harga Terjangkau. Hubungi 085266117730

Home / Tanjabbar

Rabu, 8 Maret 2023 - 13:11 WIB

KUA Tungkal Ilir : 50 Persen Calon Pengantin Sudah Mengenal Elsimil

JURNALISHUKUM.COM, TANJABBARAT – Aplikasi Elektronik Siap Nikah Siap Hamil (Elsimil) yang diluncurkan Pemerintah melalui Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) untuk di Kantor Urusan Agama atau KUA Kecamatan Tungkal Ilir sudah diterapkan.

Bahkan dari peristiwa Pernikahan dalam satu Bulan yang mencapai 30 hingga 50 pernikahan, 50 Persen Calon pengantin sudah mendownload aplikasi Elsimil sebagai upaya mitigasi kasus Stunting dan mempersiapkan pasangan Ideal menikah dan hamil.

“Untuk penerapan kerjasama BKKBN dan Kemenag terkait Aplikasi Elektronik Siap Nikah Siap Hamil (Elsimil) Alhamdulillah di KUA Tungkal Ilir telah berjalan,” kata Kepala Kantor Urusan Agama (KUA) Kecamatan Tungkal Ilir H. Abdullah.

Abdullah menyebutkan, saat pelaksanaan bimbingan perkawinan di KUA Kecamatan Tungkal Ilir, tentunya antara BKKBN, Dinas Kesehatan saling berkoordinasi untuk memberikan bimbingan perkawinan terhadap calon pengantin.

“Kemenag sendiri tentunya memberikan bimbingan perkawinan sesuai dengan syariat dan hukum Islam,” katanya.

Selain itu bimbingan juga diberikan oleh Dinas Kesehatan tentang reproduksi sehat dan di BKKBN terkait aplikasi Elsimil tentang layaknya calon pengantin dalam proses pelaksanaan akad nikah, sesuai dengan aplikasi yang diterapkan BKKBN.

“Alhamdulillah di KUA kecamatan Tungkal Ilir dengan BKKBN telah bersinergi setiap Calon Pengantin telah kita anjurkan untuk mendownload aplikasi Elsimil,” katanya.

“Sebagian Calon pengantin telah mendownload dan terdata di BKKBN dan di KUA telah kita terima sertifikat Elsimil melalui pendaftaran pernikahan,” imbuhnya.

Masih sehubungan dengan Elsimil H Abdullah mengungkapkan, rata-rata pernikahan di Kecamatan Tungkal Ilir 30-50 peristiwa Nikah. Sebagian Calon sudah download dan sebagian lagi mungkin belum memahami bagaimana mencetaknya.

” Bagi mereka yang belum memahami Elsimil ini, mereka kita bimbing  bekerjasama dengan BKKBN,” ujarnya.

BACA JUGA  Windi : Bibit Mangrove Bukan Hanya Sebuah Tanaman, Tapi Seperti Bayi Yang Harus di Jaga

Menurutnya, tujuan Elsimil ini mungkin karena saat ini pemerintah tengah gencar-gencarnya dalam menurunkan angka Stunting, penurunan angka Stunting khsususnya di wilayah Kecamatan Tungkal Ilir. (Mubarak)

Print Friendly, PDF & Email

Share :

Baca Juga

Tanjabbar

Penyerahan SK CPNS dan Pengangkatan PNS dari Formasi STTD di BKPSDM Tanjab Barat

Tanjabbar

Dihari Libur Bulog Kuala Tungkal Tetap Layani Masyarakat

Tanjabbar

Ucok Mora : MTQ Ke-10 Tingkat Desa Kemuning Hasilkan Qori Qoriah Terbaik

Tanjabbar

Ratusan Pelajar SMA Sederajat di Tanjab Barat Mendaftar Untuk Calon Paskibraka 2023

Tanjabbar

PKC PMII Kecam Aksi Brutal Mahasiswa: Pecat !

Tanjabbar

Segini Harga Sewa Lapak Bazar Ramadhan di Jalan Melati dan Palembang, Tanjabbar

Tanjabbar

Satu dari Tiga Korban Lakalantas di Sungai Nibung Meninggal Dunia

Tanjabbar

Jelang Porprov 2023, Faji Tanjab Barat Gelar Latihan di Seputaran WFC dan Pelabuhan Marina Batam
error: Content is protected !!