Banyak Kabel Udara Tidak Miliki Izin Dan Tidak Melapor ke APJII Jambi, Kadis PUTR Batanghari Tebar Hoax, Terkait Soal Pembangunan Jalan Kabupaten Di Mersam Seorang Anak Laki-Laki Yang Tenggelam Di Sungai Batanghari Semalam Sudah Di Temukan Baru Setahun Di Bangun, Plafon Gedung Puskesmas Luncuk Runtuh Bikin Heboh…!!! Mobil Pejabat Batanghari, Berplat Merah Diduga Isi Minyak Subsidi

Home / Sumatera Utara

Selasa, 27 Februari 2024 - 17:58 WIB

Begini Forum Konsultasi Publik Rancangan Awal Kerja Penkab Nagan Raya

JURNALISHUKUM.COM, NAGANRAYA – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Nagan Raya melalui Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) setempat mengadakan acara Forum Konsultasi Publik Rancangan Awal (Ranwal) Rencana Kerja Perangkat Kabupaten (RKPK) Tahun 2025.

Kegiatan yang berlangsung pada Selasa (27/2/2024) di Aula Bappeda itu, dibuka Penjabat (Pj) Fitriany Farhas, AP, S.Sos., M.Si, yang diwakili Asisten Perekonomian dan Pembangunan, Amran Yunus, S.P., M.T.

Dalam sambutannya, Amran Yunus mengatakan pelaksanaan acara Forum Konsultasi Publik Ranwal RKPK Nagan Raya Tahun 2025 merupakan amanat dari Undang-Undang Nomor 25 Tahun 2004 tentang Sistem Perencanaan Pembangunan Nasional serta Peraturan Menteri Dalam Negeri (Permendagri) Nomor 86 Tahun 2017.

“Forum ini juga diharapkan dapat memberikan kontribusi saran dan pendapat serta bentuk komitmen bersama di antara para pemangku kebijakan daerah dalam pencapaian pembangunan yang berkualitas, efektif, efisien, transparan dan akuntabel,” pinta Amran.

Lanjut Amran Yunus menjelaskan, perencanaan tahun 2025 merupakan tahun ketiga dalam penerapan dokumen perencanaan, yaitu RPK Nagan Raya Tahun 2023-2026 sesuai Instruksi Menteri Dalam Negeri Nomor 70 Tahun 2021 tentang Penyusunan Dokumen Perencanaaan Pembangunan Daerah bagi Daerah dengan Masa Jabatan Kepala Daerah Berakhir Tahun 2022.

“Adapun kebijakan umum pembangunan pada tahun ini meningkatkan nilai tambah melalui penyediaan infrastruktur dan hilirisasi sektor pertanian dan perikanan untuk peningkatan ekonomi serta pengentasan kemiskinan,” ucapnya.

Pada kesempatan itu, Amran Yunus menyampaikan lima program prioritas RKPK Kabupaten Nagan Raya tahun 2025. Program pertama, penanggulangan kemiskinan dengan peningkatan keahlian dan pengembangan sarana pendukung usaha.

Selanjutnya program kedua penguatan keistimewaan Aceh, pelayanan publik, dan tata kelola pemerintahan. Ketiga, peningkatan infrastruktur dasar, konektivitas antar wilayah, dan ketahanan kebencanaan, sementara yang keempat, peningkatan layanan pendidikan dan kesehatan serta kualitas sumber daya manusia,

BACA JUGA  Pleno Terbuka Rekap Penetapan Rekapitulasi Hasil Perhitungan Suara Kecamatan Kuala Pesisir Selesai

“Serta yang terakhir, peningkatan produktivitas dan nilai tambah komoditi pertanian perkebunan dan perikanan diikuti dengan meningkatkan diversifikasi pangan,” urainya.

Namun demikian, kata Amran, fokus pembangunan untuk tahun depan ialah mendukung capaian nasional, yaitu penanggulangan kemiskinan, termasuk fokus kemiskinan ekstrem, penurunan angka stunting, dan menjaga stabilitas inflasi.

Sementara itu, Kepala Bappeda Nagan Raya, Rahmattullah, S.STP., M.Si dalam laporannya menjelaskan, maksud diselenggarakan acara FKP tersebut adalah penyampaian prioritas rancangan awal RKPK Nagan Raya Tahun 2025 sebagai salah satu panduan dalam menyamakan persepsi dan pemahaman bersama tentang pedoman pembangunan tahun 2025.

“Secara umum, tujuan dari rapat ini adalah penyepakatan program/kegiatan prioritas hasil analisa permasalahan dan isu strategis yang kemudian akan dituangkan ke dalam penandatanganan berita acara kesepakatan Forum Konsultasi Publik Ranwal RKPK di kabupaten yang kita banggakan,” ucap Rahmatullah.

Turut hadir dalam kegiatan tersebut, para Ketua Komisi dan sejumlah anggota DPRK Nagan Raya, Kepala SKPK, Pengurus MAA, MPD, MPU, dan Baitul Mal Kabupaten Nagan Raya, unsur perguruan tinggi dari STIA Pelita Nusantara, serta undangan lainnya. ( Zahari )

Share :

Baca Juga

Sumatera Utara

Kepala Dinkes Nagan Raya Pimpin Apel Gabungan Di Halaman Kantor Bupati

Sumatera Utara

Permasalahan PT Fajar Bayzuri Dengan Masyarakat Diduga Pihak Pemerintahan Kabupaten Nagan Raya Kongkalikong Dengan Perusahaan

Sumatera Utara

Ketua DPC BMI Gunungsitoli Sowa’a Laoli, SE., M.Si Turut Hadir Pada Acara Halal Bi Halal 1444H/2023

Sumatera Utara

Diduga Kepala Desa Keuchik Nagan Raya Di Dukung Oknum-Oknum Pemerintahan Di Pilchiksung

Sumatera Utara

Sigit Winarno Bantu Alat Pelaminan Pada KUA Kecamatan Tadu Raya Nagan Raya Dari Anggaran Pokir DPRK

Batang Hari

Nah…!!!Aktivitas Angkutan Batubara Di Jambi Kembali Dihentikan Sementara

Sumatera Utara

BEM IAKN Tarutung Turut Hadir Dalam Doa Kebangsaan Lintas agama BEM Nusantara Sumatra Utara

Sumatera Utara

Nah..!!!Aktifis Pendidikan Nias Menuju Istana Negara Temui Presiden Suarakan Ketidakadilan Pendidikan di Nias
error: Content is protected !!