Kadis PUTR Batanghari Tebar Hoax, Terkait Soal Pembangunan Jalan Kabupaten Di Mersam Seorang Anak Laki-Laki Yang Tenggelam Di Sungai Batanghari Semalam Sudah Di Temukan Baru Setahun Di Bangun, Plafon Gedung Puskesmas Luncuk Runtuh Bikin Heboh…!!! Mobil Pejabat Batanghari, Berplat Merah Diduga Isi Minyak Subsidi Nah..!!! Sopir Mobil Grand Max Hangus Terbakar di Jalan Lintas Bongo Jambi

Home / Hukrim

Jumat, 8 September 2023 - 18:51 WIB

Kapolres Tebo Bersama Masyarakat Laksanakan Patroli di Lokasi Titik Hotspot

JURNALISHUKUM.COM, TEBO – Kapolres Tebo AKBP I Wayan Arta Ariawan, S.H., S.I.K., M.H. bersama timnya melakukan patroli ke lokasi titik hotspot di Desa Suo-Suo, Kecamatan Sumay Kabupaten Tebo Provinsi Jambi.

Kegiatan ini dilakukan dalam upaya untuk mengawasi dan mencegah potensi kebakaran hutan yang telah menjadi masalah serius. Dalam patroli tersebut, Kapolres didampingi oleh Pejabat Utama Polres Tebo, Kapolsek Sumay, Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD), Personel Polsek Sumay, serta petugas dari PT. ABT

Kedatangan Kapolres Tebo ke lokasi hotspot, timnya menemukan bahwa api sudah dalam kondisi padam. Hal ini mengindikasikan bahwa upaya pemadaman yang cepat dan efektif telah dilakukan oleh Personel Polsek bekerjasama pihak terkait sebelumnya, berkat kerja sama antara Polsek, masyarakat dan petugas kehutanan. Meskipun demikian, Kapolres tetap berkomitmen untuk melakukan penyelidikan lebih lanjut.

“Hari ini kami mendatangi lansung lokasi terjadinya kebakaran lahan di Kecamatan Sumay. Lahan yang terbakar berkisar 10 hektare. Kondisi api saat ini sudah padam, namun kami tetap berkomitmen untuk melakukan penyelidikan lebih lanjut terkait dengan terjadinya kebakaran lahan ini” kata Kapolres.

Kebakaran lahan ini diduga terjadi akibat pembukaan lahan dengan cara dibakar. Tim Unit Tipidter Polres Tebo, yang dipimpin langsung oleh Kapolres dan didampingi Kasat Reskrim Polres Tebo AKP Rezka Anugras, S.I.K., saat tiba dilokasi tidak menemukan pelaku pembakaran. Diduga pelaku pembakaran telah melarikan diri.

Tim langsung melakukan pencarian di sekitar area kebakaran untuk mencari barang bukti yang masih tersisa. Barang bukti ini diharapkan dapat membantu dalam mengidentifikasi penyebab kebakaran dan memastikan bahwa tindakan preventif dapat diterapkan di masa depan.

Dari lokasi, Tim menemukan beberapa barang bukti yang diduga digunakan untuk melakukan pembakaran lahan tersebut. Bukti tersebut diantaranya potongan kayu bekas bakaran dengan diameter 80 cm, potongan bambu yang diduga digunakan untuk menjadi obor membakar lahan tersebut dan sebuah botol bekas yang digunakan untuk menyimpan BBM.

BACA JUGA  Nah..!!!Mulai Agustus 2023 Biaya Balik Nama Kendaraan Gratis

Kapolres juga memberikan apresiasi atas kerja keras semua pihak yang telah berkontribusi dalam pemadaman api dan menjaga wilayah tersebut dari bahaya kebakaran hutan yang selama ini mengancam.

“Kami mengapresiasi atas kerjasama semua pihak dalam menjaga hutan di Kabupaten Tebo ini” lanjutnya.

Selain itu, Kapolres Tebo mengingatkan kepada masyarakat dan pihak terkait untuk terus bekerja sama dalam upaya menjaga kelestarian hutan dan mencegah kebakaran.  Kapolres juga berharap agar masyarakat selalu waspada dan melaporkan potensi kebakaran hutan segera kepada pihak berwenang demi keselamatan bersama.

Diakhir Kapolres juga mengingatkan warga untuk tidak membuka lahan dengan cara dibakar. Karena membuka lahan dengan dibakar dapat dijerat dengan hukum pidana.

“Kami tidak akan toleransi terhadap pelaku pembakaran hutan dan lahan. Apabila kami temukan akan kami proses sesuai hukum yang berlaku” tutup AKBP I Wayan. (Ilham)

Share :

Baca Juga

Hukrim

Pemkab Batanghari Akan Segera Panggil Kadis OPD Berinisal NF, Soal Dugaan Terima Uang Dari Rekanan

Hukrim

Program Pengecatan Pagar Komplek BBC Muarabulian Terkesan Mubazir,? Begini Tanggapan Kepala Disdagkop UKM Batanghari
Gedung Kejaksaan Negeri Muarabulian Batanghari.

Batang Hari

Sekdes Padang Kelapo Batanghari Sidang Perdana Soal Dugaan Dana Desa

Hukrim

Nah…!!!Pasca Dirut PT JBS di Polisikan di Polres Batanghari, Pelapor Terima SP2HP

Hukrim

Kacabjari Muaratembesi Batanghari Laksanakan Kegiatan Restorative Justice

Hukrim

Seorang Warga Mersam Alami Luka Tembak Dan Meninggal Saat Di Bawa Ke Puskesmas

Hukrim

Nah…!!!Polda Jambi Tahan Lima Orang Tersangka Dugaan Tipikor Puskesmas Bungku

Hukrim

Dikeluarkan dari WAG, Seorang Pria Tega Aniaya Korban hingga Tewas