Banyak Kabel Udara Tidak Miliki Izin Dan Tidak Melapor ke APJII Jambi, Kadis PUTR Batanghari Tebar Hoax, Terkait Soal Pembangunan Jalan Kabupaten Di Mersam Seorang Anak Laki-Laki Yang Tenggelam Di Sungai Batanghari Semalam Sudah Di Temukan Baru Setahun Di Bangun, Plafon Gedung Puskesmas Luncuk Runtuh Bikin Heboh…!!! Mobil Pejabat Batanghari, Berplat Merah Diduga Isi Minyak Subsidi

Home / Batang Hari / Uncategorized

Senin, 20 November 2023 - 10:06 WIB

Sekda Batanghari Ajak Masyarakat Budayakan Bakarang Basamo

JURNALISHUKUM.COM, BATANGHARI – Ratusan masyarakat Kabupaten Batanghari mengikuti lomba Bakarang Basamo dikawasan objek wisata Tapa Malenggang Muara Bulian.

Pantauan dilapangan, tampak keseruan para peserta lomba Bakarang Basamo dengan mengunakan serkap untuk menangkap ikan sudah jadi budaya sejak dahulu.

Bakarang Basamo adalah tradisi atau budaya menangkap ikan yang dilakukan bersama-sama oleh masyarakat Kabupaten Batanghari, karena itu sebagian menyebutnya dengan istilah “Bekarang Besamo”.

Peserta lomba Bakarang besamo, menangkap ikan menggunakan alat tradisional serkap dan ambung, alat tradisional khas Kabupaten Batanghari.

Alat tersebut berupa wadah dari bambu yang dianyam dengan rotan. Tentunya wadah tersebut berlubang-lubang atau tiris air.

Di masa lalu, masyarakat menangkap ikan hanya dengan menggunakan alat sederhana itu. Seperti halnya yang berlaku pada tradisi bekarang basamo.

Penggunaannya saat Bakarang besamo adalah, satu untuk menggiring dan menangkap ikan, satu lagi sebagai wadah untuk menampung hasil tangkapan.

Biasanya para pria yang menangkap dengan joran, dan di tepian kaum perempuan memegang wadah hasil tangkapan alias ambung.

Keseruan cara menangkap ikan seperti di masa lalu tersebut kembali diulang masyarakat di wilayah yang dialiri Sungai Batanghari ini, Ahad (19/11/2023).

“Kemeriahan Bakarang Basamo juga menjadi hiburan tersendiri bagi masyarakat Batanghari. Mengejar dan menggiring ikan dengan joran, ternyata tidaklah mudah. Mau tak mau, badan pun harus terendam “nyemplung” ke air berlumpur yang sudah diaduk-aduk orang banyak.” Kata Sekda Batanghari, Muhammad Azan

Menangkap ikan dengan perlengkapan tradisional ini mengingatkan Masyarakat pada tradisi di masa lalu yang sehat dan alami. Pelestarian ini ditujukan agar tidak ada lagi yang menangkap ikan menggunakan teknik yang ekstrem, misalnya menggunakan bahan-bahan kimia bahkan dengan menyetrum ikan.

BACA JUGA  Jembatan di Jalan Lintas Provinsi Jambi di Desa Sengkati Baru Mersam Terancam Ambruk

” Tradisi Bakarang Basamo ini harus dilestarikan kepada anak cucu kita, jangan lagi dengan cara nubo dan nyentrum,” katanya.

Adapun kegiatan Bakarang Basamo ini merupakan rangkaian kegiatan Hari Ulang Tahun Kabupaten Batanghari Ke-75 Tahun 2023. (Her/Adv)

Print Friendly, PDF & Email

Share :

Baca Juga

Uncategorized

Koni Batanghari Gelar Rapat Pemantapan Pengurus Hadapi Pelantikan

Batang Hari

Pemkab Batanghari Laksanakan Upacara Lahirnya Pancasila

Batang Hari

Bupati Batanghari Lepaskan Peserta Kafillah MTQ Tingkat Provinsi

Peristiwa

Nah…!!!Dua Orang Bocah SD di Tebo Tenggelam di Sungai Batanghari

Batang Hari

Batanghari Terbaik dalam Sistem pencegahan Korupsi Se-Provinsi Jambi

Batang Hari

Bupati Batanghari Lantik Pejabat ASN Dilingkup Pemerintah Kabupaten

Cerita Rakyat

Tower Air Purwodadi Kecamatan Kuala Pesisir Nagan Raya Belum Bisa Difungsikan Masyarakat

Batang Hari

Bupati Batanghari Minta Dinas Pendidikan Jangan Direkomendasi Guru PPPK Pindah
error: Content is protected !!