Kadis PUTR Batanghari Tebar Hoax, Terkait Soal Pembangunan Jalan Kabupaten Di Mersam Seorang Anak Laki-Laki Yang Tenggelam Di Sungai Batanghari Semalam Sudah Di Temukan Baru Setahun Di Bangun, Plafon Gedung Puskesmas Luncuk Runtuh Bikin Heboh…!!! Mobil Pejabat Batanghari, Berplat Merah Diduga Isi Minyak Subsidi Nah..!!! Sopir Mobil Grand Max Hangus Terbakar di Jalan Lintas Bongo Jambi

Home / Uncategorized

Senin, 9 Januari 2023 - 10:00 WIB

Nah..!!!Mengenal Jurnalisme Investigasi

JURNALISHUKUM.COM – Selama ini berkembang mitos bahwa jurnalisme investigasi adalah pekerjaan jurnalistik yang teramat sulit dan berbahaya. Hanya wartawan dengan nyali tinggi yang bisa melakukan pekerjaan itu.

Mitos itu tak teramat salah, tapi juga tak benar-benar akurat. Memang butuh keberanian, keterampilan, ketekukan, dan kemampuan khusus, tapi bukan berarti tidak bisa dikerjakan oleh siapa saja. Butuh pengalaman dan pengetahuan yang tepat untuk bisa melakukan kerja investigasi.

Oleh karena itu, kita bisa belajar, berbagi pengetahuan dan pengalaman serta bisa praktek langsung dalam melakukan kerja investigasi.

Pembelajaran ini bertujuan untuk memupuk tumbuh suburnya kultur jurnalisme investigasi di negeri ini. Kolaborasi dari dj-pro.org dengan klubhukum.com, yang akan memberikan petunjuk praktis yang memungkinkan kita dapat melakukan liputan-liputan yang tidak saja berdampak luas tapi juga akan diingat sampai lama.

Pengertian

Kata jurnalisme investigasi berasal dari bahasa Latin, yaitu journal dan vestigium. Journal atau diurnalis berarti orang yang melakukan kegiatan jurnalistik, dan vestigium yang berarti jejak kaki (wikipedia).

Dalam situs UNESCO, investigative journalism atau jurnalisme investigasi adalah pengungkapan berbagai hal yang disembunyikan oleh orang berkuasa, baik secara sengaja maupun tidak. Hal tersebut meliputi sekumpulan fakta dan keadaan yang kacau balau.

Dalam hal ini, jurnalisme investigasi berperan untuk mengungkapkan kedua hal tersebut kepada publik, dengan disertai fakta yang relevan atau sesuai. Melansir dari situs Global Investigate Journalism Network (GIJN), jurnalisme investigasi merupakan seperangkat metodologi, berupa keahlian, yang membutuhkan waktu bertahun-tahun untuk dipelajari serta dikuasai (kompas).

Jurnalisme investigasi adalah kegiatan mengumpulkan, menulis, mengedit, dan menerbitkan berita yang bersifat investigatif, atau sebuah penelusuran panjang dan mendalam terhadap sebuah kasus yang dianggap memiliki kejanggalan.

BACA JUGA  Bupati Batanghari Minta Posyandu Gerak Cepat dan Lebih Aktif Untuk Masalah Stunting

Selain itu, investigasi merupakan penelusuran terhadap kasus yang bersifat rahasia. Sebuah kasus dapat diketahui kerahasiaannya apabila penelusuran terhadap kasus tersebut selesai dilakukan.

Menurut Dandhy Dwi Laksono dalam buku Jurnalisme Investigasi: Trik dan Pengalaman Para Wartawan Indonesia Membuat Liputan Investigasi di Media Cetak, Radio, dan Televisi (2010), berikut lima elemen penting dalam jurnalisme investigasi:

– Mengungkap kejahatan terhadap kepentingan publik, atau tindakan yang merugikan orang lain, artinya jurnalisme investigas bertujuan mengungkap kejahatan yang merugikan banyak orang atau kejahatan terhadap kepentingan publik.

– Skala dari kasus yang diungkap cenderung terjadi secara luas atau sistematis Elemen jurnalisme investigasi ini berarti bahwa skala dari kasus yang diungkap cenderung terjadi secara luas atau berkaitan dengan banyak orang.

– Menjawab semua pertanyaan penting yang muncul serta memetakan persoalan dengan gamblang Artinya jurnalisme investigasi dilakukan guna menjawab semua pertanyaan penting yang muncul dan memetakan persoalan yang ada secara gamblang (jelas dan mudah dimengerti).

– Mendudukkan aktor yang terlibat secara lugas dengan didukung bukti kuat Artinya jurnalisme investigasi menempatkan pihak yang terlibat dalam sebuah kasus secara lugas, dengan didukung bukti kuat yang dapat meyakinkan bahwa pihak tersebut memang ada kaitannya dengan suatu kasus.

– Publik dapat memahami kompleksitas masalah yang dilaporkan serta bisa membuat keputusan atau perubahan berdasarkan laporan investigasi Elemen jurnalisme investigasi ini berarti ketika publik membaca hasil laporan investigasi, mereka bisa memahami kompleksitas masalah yang dilaporkan, dan mampu membuat keputusan atau perubahan yang didasarkan pada laporan investigasi.

Jurnalisme investigasi menghasilkan sebuah karya jurnalistik, yaitu laporan investigasi. Laporan investigasi sebagai sebuah karya jurnalistik tidak ditentukan oleh besarnya kasus yang dibongkar, melainkan manfaat atau dampak apa yang ditimbulkan setelah kasus tersebut terbongkar. Penelusuran sebuah topik yang ringan dapat dikatakan produk investigasi yang baik apabila mengungkap fakta bernilai besar bagi khalayak.

BACA JUGA  Bupati Batanghari Terima Penghargaan Smart city dari Menteri Kominfo

Byadmin/dj-pro.org

Share :

Baca Juga

Hukrim

Muara Tembesi Rawan Curanmor, Usai Sholat Isya 1 Unit Motor Raib

Cerita Rakyat

Sambut Tahun Baru Islam, Persatuan Pemuda Pall Sebelas Singkawang Kembali Gelar Pawai Obor

Batang Hari

Bupati Batanghari Lantik Tiga Pejabat Baru

Batang Hari

DPRD Batanghari Kembali Gelar Rapat ParIpurna Sambil Dengar Pidato Presiden RI

Batang Hari

Bupati Batanghari : Kita Berupaya Memperluas Lahan Sawah

Uncategorized

Said Iqbal Presiden Partai Buru Menolak Mentah-mentah Wacana No Work No Pay

Batang Hari

Kapolres Dan Wakapolres Batanghari Gencar Jumat Curhat

Uncategorized

Kades Sungai Pulai Muaratembesi Adakan Musdes Rembuk Stunting