Kadis PUTR Batanghari Tebar Hoax, Terkait Soal Pembangunan Jalan Kabupaten Di Mersam Seorang Anak Laki-Laki Yang Tenggelam Di Sungai Batanghari Semalam Sudah Di Temukan Baru Setahun Di Bangun, Plafon Gedung Puskesmas Luncuk Runtuh Bikin Heboh…!!! Mobil Pejabat Batanghari, Berplat Merah Diduga Isi Minyak Subsidi Nah..!!! Sopir Mobil Grand Max Hangus Terbakar di Jalan Lintas Bongo Jambi

Home / Cerita Rakyat

Selasa, 1 November 2022 - 07:21 WIB

Nah…!!! Bumdes Rambutan Masam Batanghari Diduga Tidak Transfaran

JURNALISHUKUM.COM, BATANGHARI –BUMDes adalah singkatan dari Badan Usaha Milik Desa, artinya, suatu lembaga/badan perekonomian desa yang dibentuk dan dimiliki oleh Pemerintah Desa, dikelola secara ekonomis mandiri dan profesional dengan modal keseluruhan atau sebagian besar kekayaan desa yang dipisahkan.

BumDes sendiri untuk memperoleh keuntungan di mana selanjutnya dapat memperkuat Pendapatan Asli Desa (PAD), kesejahteraan memajukan perekonomian desa, serta meningkatkan masyarakat desa seperti menurut Peraturan Pemerintah Nomor 72 Tahun 2005 tentang Desa pasal 78 ayat (1).

Bicara soal BumDes, di Desa Rambutan Masam sejak tahun 2016-2019 pengelolaan Dana BumDes ini dinilai tidak sesuai dengan harapan masyarakat, bahkan diduga Dana BumDes tersebut tidak transparan pengelolaannya.

Terkait hal ini, Kades Rambutan Masam, Kecamatan Muara Tembesi, Kabupaten Batanghari A Roni minta kepada Inspektorat Kabupaten Batanghari untuk mengaudit pengolahan Dana BumDes tahun 2016-2019.

Menurut Kades A Roni, pihak Inspektorat Batanghari harus memeriksa Direktur BumDes yang lama dan pengurusnya. Karena ini menyangkut uang rakyat yang harus dipertanggungjawabkan.

” Kerugian dari Dana BumDes sejak 2016 hingga 2019 mencapai Rp 450 juta, inikan uang rakyat. Tidak bisa tidak ada pertanggungjawaban,” tegas Busu Roni sapaan akrab Kades.

Lebih lanjut A Roni Ali mengatakan, tujuan dirinya untuk memimpin Rambutan Masam ini, salah satunya membersihkan oknum-oknum yang nakal dalam pengolaan uang rakyat.

” Tagline kita Menuju Rambutan Perubahan ” salah satunya ini, untuk mengaudit Dana BumDes, dan masyarakat harus tau kemana Dana BumDes selama ini,” terang Kades A Roni.

Sementara, Bagian Irbansus Inspektorat Kabupaten Batanghari, Muhammad Fattan mengapresiasi hal ini.

Menurutnya, ini bagian dari program Fadhil-Bakhtiar yang menginginkan pemerintahan bersih, mulai dari tingkat Pemerintah Kabupaten hingga Pemerintah Desa.

BACA JUGA  Isu Dugaan Illegal Drilling di Hutan Senami Batanghari Kian Menghebohkan, Kemana Aparat

” Mantap bro, tolong buat surat laporan dari masyarakat. Kali surat masuk akan kita tindaklanjut,” kata Fattan. (*)

Jurnalis Hukum : Nurlela

Share :

Baca Juga

Cerita Rakyat

Bikin Heboh…!!! Mobil Pejabat Batanghari, Berplat Merah Diduga Isi Minyak Subsidi

Cerita Rakyat

Siapakah Hamza Bendelladj alias Si Hacker,? Simak Kisahnya

Cerita Rakyat

Begini Pesan Kapolda Jambi Saat Lepaskan Ribuan Personel Untuk Pengamanan TPS

Cerita Rakyat

Stockpile Batubara Milik PT. DPP Di Desa Tenam Bangun Kolam Putar Bukan Galian C

Cerita Rakyat

Dugaan Mark Up Pembelian Tanah RTH di Mersam Sudah Di Laporkan Ke BPK RI Perwakilan Jambi

Cerita Rakyat

Penundaan Dana TC MTQ Melainkan, Munir : Dampak Temuan BPK RI di Pemkab Batanghari

Cerita Rakyat

SatPol PP Batanghari Ciduk Belasan Pelajar Yang Bolos Belajar

Cerita Rakyat

Sampah di Dalam Selokan, Begini Kata Kepala UPTD Pengolahan Sampah DLH Batanghari