Kadis PUTR Batanghari Tebar Hoax, Terkait Soal Pembangunan Jalan Kabupaten Di Mersam Seorang Anak Laki-Laki Yang Tenggelam Di Sungai Batanghari Semalam Sudah Di Temukan Baru Setahun Di Bangun, Plafon Gedung Puskesmas Luncuk Runtuh Bikin Heboh…!!! Mobil Pejabat Batanghari, Berplat Merah Diduga Isi Minyak Subsidi Nah..!!! Sopir Mobil Grand Max Hangus Terbakar di Jalan Lintas Bongo Jambi

Home / Sumatera Utara

Senin, 3 Juli 2023 - 14:10 WIB

Nah..!!!Aktifis Pendidikan Nias Menuju Istana Negara Temui Presiden Suarakan Ketidakadilan Pendidikan di Nias

JURNALISHUKUM.COM, SUMUT – Seorang aktifis pendidikan dari Pulau Nias Joniwarsito Waruwu pendiri Haga Pendidikan Ono Niha, mulai melakukan perjalanan dari Pulau Nias mulai tanggal 26 Juni 2023 menuju Istana Negara menggunakan sepeda motor untuk bertemu Menteri Pendidikan dan Presiden Jokowi.

Hal ini disampaikan Joni kepada awak media saat tiba di Parapat, bahwa Perjalanan dia lakukan dari Nias menuju Istana Negara melalui perjalanan darat dengan menggunakan motor, diprediksi selama 8 hari perjalanan.

Dalam perjalanan Joni membawa bendera Merah Putih dan Spanduk bertuliskan “(Memohon Kepada Presiden Agar Pelaksanaan Ujian Masuk PTN Bisa Dilaksanakan di Kepulauan Nias)”.

“Saya melakukan perjalanan ke Istana Negara untuk bertemu Menteri Pendidikan dan Presiden Jokowi bahwa masyarakat Nias khususnya dan masyarakat Indonesia pada umumnya harus mengetahui sistem pendidikan yang belum adil dan merata sedang terjadi di Pulau Nias hingga saat ini,” katanya.

“Karena setiap tahunnya ada 17-18 ribu lebih pelajar dari kepulauan Nias yang menamatkan studi SMA sederajat tapi hanya sekitar 100-200 orang yang ikut UTBK-SNBT (jalur ke-2 masuk PTN) di kota Medan,” ujar Joni

“Saya mau menyuarakan agar negara memenuhi kewajibannya dan memberikan kesempatan seadil-adilnya bagi pelajar-pelajar di kepulauan Nias. Tentu berharap bisa bertemu langsung ke Menteri Pendidikan dan kepada Pak Presiden untuk menyampaikan hal ini secara langsung,” Lanjutnya.

Pria tamatan SMA 3 Gunungsitoli ini dan telah menamatkan kuliah di USU mulai mendirikan Haga Pendidikan Ono Niha sejak 2021, merupakan sebuah lembaga yang bersifat gerakan perjuangan.

Sejak Haga Pendidikan Ono Niha Joni
Setiap tahun 4 kali kembali ke Nias, mengunjungi berbagai sekolah yang bisa dijangkau untuk sosialisasi tentang jalur masuk Perguruan Tinggi Negeri.

BACA JUGA  Bangunan Puluhan Milyar Gedung Asrama Putri Nagan Raya Terbengkalai

“Di Nias saya mengadakan tryout dan memfasilitasi sekitar 10-15 pelajar dari Kepulauan Nias untuk saya bawa ke Medan mengikuti ujian masuk perguruan tinggi negeri. Biaya mereka seperti ongkos, penginapan dan akomodasi saya sediakan,” papar Joni.

Dia juga membeberkan tahun ini ada 8 orang lolos masuk PTN.

“Tahun ini (2023) dari 12 orang yang saya bawa dari beberapa sekolah di Nias, 8 orang lolos masuk PTN yang mereka pilih.” Tutup Joni. (Ist)

Share :

Baca Juga

Sumatera Utara

Forkompinda Kabupaten Nagan Raya Memantau Tempat Pemungutan Suara Di TPS

Sumatera Utara

Pansus DPRK Sorot Pemkab Nagan Raya Lamban Siapkan Dokumen Persetujuan Milik Lahan Pertanian

Pendidikan

Sukses. Mahasiswa KKN STAI AL-ISHLAHIYAH BINJAI Se-Kecamatan Pangkalan Susu Gelar Kegiatan Dialog Kebangsaan

Sumatera Utara

Melihat Sosok Haleina Bacaleg DPKk Nagan Raya

Sumatera Utara

Ketua DPC BMI Gunungsitoli Sowa’a Laoli, SE., M.Si Turut Hadir Pada Acara Halal Bi Halal 1444H/2023

Sumatera Utara

Pengerjaan Proyek di Jalan Alue Bata Kuala Tadu Terkesan Amburadul

Sumatera Utara

Kegiatan Perdana Persami Pramuka (PGSD) Universitas Battuta Wujudkan Pendidikan Karakter Mandiri

Sumatera Utara

Pembangunan Rumah Bantuan Desa Padang Panyang diduga Anggaran Siluman Tahun 2023