Banyak Kabel Udara Tidak Miliki Izin Dan Tidak Melapor ke APJII Jambi, Kadis PUTR Batanghari Tebar Hoax, Terkait Soal Pembangunan Jalan Kabupaten Di Mersam Seorang Anak Laki-Laki Yang Tenggelam Di Sungai Batanghari Semalam Sudah Di Temukan Baru Setahun Di Bangun, Plafon Gedung Puskesmas Luncuk Runtuh Bikin Heboh…!!! Mobil Pejabat Batanghari, Berplat Merah Diduga Isi Minyak Subsidi

Home / Cerita Rakyat

Senin, 3 Juli 2023 - 14:14 WIB

Cagar Budaya Benteng Jepang di Muara Nibung Menjadi Tempat Pembuangan Sampah

JURNALISHUKUM.COM-TAPANULI –  Benteng jepang sempat menjadi tempat penyimpanan senjata bagi armada Jepang di Era nya, dilihat dari posisinya benteng ini dibangun dan fungsikan sebagai benteng pertahanan karena posisi yang tertimbun didalam tanah dan yang tampak hanya bagian atas berbentuk persegi enam.

Kalau kita lihat dari peta Google maps, Salah satu Benteng Jepang berada di daerah kelurahan Muara Nibung, Kecamatan Pandan tepatnya di Kabupaten Tapanuli Tengah.

Pimpinan Cabang Gerakan Mahasiswa Peduli Pendidikan Sibolga-Tapteng (PC GEMP2 SIGATA) dan tim mengunjungi benteng peninggalan Jepang yang berada di Kelurahan Muara Nibung tersebut, Minggu kemarin.

Kegiatan dilakukan untuk meninjau langsung kondisi bangunan benteng Jepang bersejarah di muara nibung, dengan menyusuri isi dalam benteng yang banyaknya sampah plastik dan serpihan kaca.

“Tapanuli Tengah salah satu daerah yang banyak memiliki Benda-Benda Bersejarah, yang harus dijaga kelestariannya” ujar Ketua PC GEMP2 SIGATA (Muhammad Adzan Alkhairi Chaniago).

Beliau mengedukasi untuk Pelajar, Mahasiswa dan Masyarakat untuk menjaga dan melestarikan barang bersejarah agar tetap terjaga

Sesuai dengan ketetapan UU Nomor 11 tahun 2010 terkait Kriteria Cagar Budaya, benteng Jepang di muara Nibung sesuai dengan kriteria yang ada.

Kami dan tim melihat Objek yang Diduga Cagar Budaya tersebut berpotensi dijadikan jika sebagai Cagar Budaya Kabupaten Tapanuli Tengah, Maka kami meminta agar disegerakan untuk lebih diperhatikan PEMDA dan Dinas terkait. (Ist)

Print Friendly, PDF & Email
BACA JUGA  Asisstant Proffesor, Adv. Mohammad Mara Muda Herman Sitompul, S.H., M.H : Menyoal Pemakzulan Presiden Dalam Kajian Singkat

Share :

Baca Juga

Cerita Rakyat

Wah..!!! Ini Ada Suami Istri Di Vonis Penjara Akibat Koleksi Foto Bugil Seorang ART

Cerita Rakyat

Ketua Pembangunan Masjid An-Nur Turut Apresiasi Atas Bantuan Yang Telah Diberikan Anggota DPRD Provinsi Jambi

Cerita Rakyat

Asisstant Proffesor, Adv. Mohammad Mara Muda Herman Sitompul, S.H., M.H : Menyoal Pemakzulan Presiden Dalam Kajian Singkat

Cerita Rakyat

Nah..!!! Mengapa Kumpul Itu Besar Manfaatnya, Begini Ceritanya

Cerita Rakyat

Nah…!!!Masjid Tertua Di Kabupaten Tebo Nyaris Roboh

Cerita Rakyat

IWO Batanghari Datangi SDN185 di Sialang Pungguk Muarabulian Dengan Kondisi Jalan Berlumpur

Cerita Rakyat

Cipayung Plus Bersama Polres Kota Padang Sidempuan Gelar Berbagi Sembako

Cerita Rakyat

Dipertanyakan Lagi, Berapa Pajak Tanah RTH di Mersam Yang Di Beli Pemkab Batanghari
error: Content is protected !!